Pages

Senin, 10 Februari 2020

Air Terjun Curup Gangsa ?, Wisata Populer Di Way Kanan


                                                 

                                                                              

  • Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Lampung ibu Kotanya berada di Blambangan Umpu pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara dan merupkan kabupaten terjauh dari pusat pemerintahan Provinsi Lampung. Topografi yang berbukit-bukit serta banyak memiliki daerah aliran sungai-sungai besar seperti Way Umpu, Way Ghiham, Way Besay dan lain sebagainya. Alhasil banyak sekali air terjun yang berada di Kabupaten Way Kanan tidak salah jika kabupaten ini dijuluki sebagai negeri 1001 air terjun, salah satunya yang paling populer dikalangan masyarakat umum yakni air terjun curup gangsa yang berletak di ujung barat laut provinsi Lampung.

  • Oke sobat nekad mengenai pertanyaan lokasi atau dimana letak keberadaan air terjun ini ?, air terjun ini berada tepat di Desa Kotaway Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan, akses menuju ke lokasi ini iya terbilang sangat mudah dijangkau oleh para pengunjung baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. waktu tempuh dari pusat kota Bandar Lampung selama 4 sampai 6 jam sesuai sobat nekad ingin menggunakan moda transportasi kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi.
  • Fasilitas, perlahan tapi pasti pihak pengelola selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung, semua itu terbukti dengan banyaknya fasilitas yang disediakan seperti pondok-pondokan untuk berteduh ketika panas terik atau hari mulai turun hujan, susunan-susunan anak tangga yang siap menyambut para pengunjung tidak jauh dari loket pembayaran tiket, siap untuk disusuri hingga kebawah oleh para pengunjung, toilet yang terjaga kebersihannya untuk pria maupun wanita, tempat parkiran yang luas dan teduh karena masih banyaknya pepohonan dan ditempat itu juga tersedia mushola kecil jika para pengunjung hendak menunaikan ibadah iya sobat nekad, tempat sampah yang disedikan oleh pihak pengelola menurut saya pribadi sudah cukup memadai tapi terkadang masih terlihat banyak para pengunjung yang membuang sampah sisa-sisa makanan secara sembarangan dan ditinggalkan begitu saja, yang begituan jangan ditiru iya sobat nekad. hehehehehe, serta disedikan beberapa spot-spot foto untuk mengabadikan momen-momen saat berada di lokasi tersebut. pokoknya tidak menyesal dehh dijamin puas. oh iya satu lagi neh, for your information disana juga terdapat saung-saung yang menjual makanan serta minuman jadi jangan khawatir mengenai masalah yang satu ini iya sobat nekad, hehehehehe.
  • Tarif untuk biaya masuknya sendiri terbilang cukup terjangkau iya sobat nekad dengan mengeluarkan uang Rp. 5000 kalian sudah bisa menikmati suasana yang indah, nyaman, asri dan yang pastinya sangat menyenangkan iya sobat nekad. Cukup terjangkaukan, mengenai tarif masuk ke destinasi wisata air terjun curup gangsa ini tidak terlalu menguras cuan yang ada didompet.
  • Alam yang masih alami dan masih banyaknya pepohonan yang cukup besar di sepanjang aliran sungai membuat suasana teduh dan sejuk ditambah suara gemercik aliran air setiap saat menjadi nilai sendiri iya sobat nekad, tempat ini cocok untuk melepas penat akibat lelahnya selama beraktivitas sehari-hari, atau hanya sekedar mengisi waktu liburan bersama teman-teman, saudara, pasangan maupun keluarga besar sekalian, dijamin tempat ini recomended dah, hehehehe.
  • Setiap musim libur panjang atau menjelang weekand tiba, tempat ini masih menjadi tempat favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik didalam daerah maupun diluar daerah, makin banyaknya pengunjung membuktikan jika pihak pengelola bekerja dengan cukup baik, lokasi yang kian hari kian teratur dan rapi membuat pengunjung betah untuk berlama-lama disini, dan terkadang untuk menggenapi para pengunjung akan datang kembali dilain hari.
  • oh iya sobat nekad, untuk yang belum pernah sama sekali kesini dan masih buta arah jalannya dan hanya mengandalkan gps atau google maps entah apa kalian menyebutnya itu, saya sarankan ketika sampai Kasui, lebih baik bertanya arah jalan menuju air terjun curup gangsa ini kepada warga setempat, karena berdasarkan pengalaman jika kita hanya mengandalkan menggunakan gps atau google maps pasti kita akan tersesat, alesannya simpel data yang diberikan dan kalian lebih memilih data yang paling terdekat dengan lokasi tujuan dan itu pasti yang kalian pilih bukan ?, dan itu yang membuat para pengunjung diluar daerah banyak yang tersesat termasuk saya, hehehehehe. berdasarkan pengalaman saya ketika itu, libur panjang telah tiba atau libur hari-hari besar terkadang para pengunjung dari berbagai daerah begitu antusias dan yang menjadi masalah ialah, anak tangga yang akan menuntun kita hingga sampai ke bawah area air terjun yang hanya satu jalur dan yang melintas yang hendak naik ataupun turun bisa puluhan orang bergerombol-gerombol dan itu cukup melelahkan, bergantian, sabar menunggu giliran hanya untuk anteri melangkah, cukup melelahkan bukan ?
  • Dan satu lagi ketika kita berwisata dialam terbuka dimanapun tempatnya dan kapanpun waktunya jangan buang sampah sembarangan iya sobat nekad, supaya alam tetap terjaga kelestriannya, keasriannya dan keindahannya supaya esok masih dapat dinikmati. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar